situsjodoh.com nonton film online
resep kuliner cookpad bursa jual beli barang antik

SEO VS Sosial Media, Mana yang Lebih Baik Untuk Digital Marketing?

Bagi seorang marketer dalam menjalankan sebuah bisnis pasti membutuhkan alat untuk memasarkan produk maupun jasa. Di era digital ini sering digunakan adalah SEO dan Sosial media. SEO dan sosial media merupakan alat pemasaran yang hebat. Tapi pasti terlintas di pikiran diantara kedua media tersebut, manakah yang paling baik untuk marketing bisnis? Ingin tahu jawabannya, Let’s begin now!

Sebelumnya menilai keduanya, kita akan kupas dulu semua tentang mereka dulu ya…

Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. Dengan mengoptimalkannya berarti membuat konfigurasi pada kode situs, tampilan, pengaturan konten dan struktur sehingga mesin pencari dapat “membaca” (crawl) situs web lebih mudah. Semakin mereka dapat memahami tentang sebuah situs web, semakin besar kemungkinan mencapai peringkat yang lebih baik.

Mesin pencari menggunakan sejumlah aturan untuk menentukan website untuk menunjukkan posisi teratas dan SEO adalah tentang memuaskan aturan-aturan tersebut. Sebuah situs web yang SEO friendly juga harus lebih user friendly sehingga manfaat dari SEO akan meningkatkan ranking situs web tersebut.

Social Media
Social Media Marketing adalah proses memanfaatkan jaringan sosial untuk tujuan mempromosikan produk atau jasa. Ini mungkin menjadi kejutan bagi beberapa orang tetapi jaringan sosial tidak hanya digunakan untuk jaringan dan berbicara dengan teman-teman Anda, bagi pemasar dan perusahaan mereka adalah alat penjualan yang sangat penting.

Apakah yang Social Media Marketing libatkan? Singkatnya, SMM harus membangun reputasi merek Anda di jaringan sosial dengan menciptakan sekelompok pengikut yang tertarik dan ingin berinteraksi dengan merek Anda. Untuk melakukan itu Anda perlu mengidentifikasi target audiens Anda dan mencoba untuk berhubungan dengan mereka melalui rencana pemasaran dengan konten desain dan kampanye social media yang baik. Ini melibatkan konten posting yang relevan dan menarik di halaman social media dan juga melibatkan pengikut Anda.

Keterkaitan antara SEO dan Sosial media adalah:

  1. Sosial media tidak mempengaruhi peringkat situs dan SEO tidak efektif tanpa memanfaatkan saluran sosial media
  2. SEO digunakan untuk orang yang mencari produk dan layanan di internet,  sedangkan sosial media untuk merekomendasi ke rekan
  3. Sosial Media dan SEO tidak hanya berbeda, dalam banyak hal bertentangan. Seperti kecepatan, jangkauan, pengukuran dan konten yang berkinerja baik sangat berbeda. Meskipun saling bertentangan tapi dengan itu akan saling melengkapi satu sama lain.

Untuk membantu marketing bisnis, Anda membutuhkan keduanya baik SEO maupun Sosial Media. Karena keduanya dapat membantu website/bisnis online mendapatkan lebih banyak jalan dan dalam kondisi tertentu, membuat lebih banyak penjualan. SEO akan memastikan bahwa konten dapat dibaca oleh mesin pencari dan social media akan membantu mendapatkan konten di depan banyak orang lebih cepat. Semakin banyak orang melihat halaman, semakin besar kemungkinan terhubung ke sana, berbagi ke social media dan menarik minat pengunjung dengan konten.